Attitude dalam Dunia Kerja
Haii semua sudah lama saya tidak membuat postingan di blog ini, kali ini saya diberi tugas oleh guru saya membuat sebuah artikel tentang "Attitude Dalam Dunia Kerja".
Attitude dalam Dunia Kerja itu sangat penting, dan harus segera dipersiapkan, pada dasarnya attitude adalah sebuah bentuk perilaku, sikap, atau tingkah laku seseorang saat berinteraksi dengan orang lain yang kemudian diikuti oleh kecenderungan bahwa dirinya akan bertindak seperti sikap yang dimilikinya tadi.Selain itu, attitude dunia kerja juga bisa dilihat sebagai bentuk evaluasi yang menguntungkan atau tidak yang bertahan lama pada diri seseorang. Hal ini merupakan bagian dari perasaan emosional dan memiliki kecenderungan untuk bertindak terhadap beberapa objek atau ide.
A. Contoh Attitude Dunia Kerja yang Baik
Seseorang dengan attitude positif mendorong rekan kerjanya untuk bekerja lebih keras, tetap fokus dan mendorong untuk meraih tujuan mereka. Sebuah hal positif akan menghasilkan lebih banyak hal positif lainnya. Beberapa contoh attitude dunia kerja yang harus kamu terapkan adalah sebagai berikut:
1. Sopan dan Ramah
Jika kamu memiliki attitude dunia kerja yang sopan dan ramah terhadap karyawan perusahaan lainnya atau bahkan dengan pelanggan, maka hal ini akan membuat kehidupan kerja kamu jauh lebih baik dan menyenangkan. Seseorang dengan sikap kerja attitude seperti ini cenderung berusaha untuk mempertahankan suasana kerja yang baik dengan mengenyampingkan ego dan masalah pribadi mereka.
2. Konsisten
Attitude dunia kerja seperti konsisten menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang terorganisir dan mampu bertanggung jawab. Bahkan ketika kamu diberikan deadline kerja, maka manajemen berharap kamu bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu. Tidak hanya konsisten dalam menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu, sikap kerja attitude seperti selalu datang tepat waktu juga merupakan contoh attitude dunia kerja yang baik.
3. Bertanggung Jawab
Menurut kamu, apa itu arti dari bertanggung jawab? Dalam dunia kerja, bertanggung jawab artinya kamu bisa mengakui sebuah kesalahan berani mengambil segala resiko atas kesalahan tersebut. Biasanya sikap kerja attitude seperti ini hanya dimiliki oleh sebagian orang yang menghargai pekerjaanya, jujur, dan dapat memegang kata-katanya. Jika kamu sudah memiliki attitude dunia kerja seperti yang disebutkan, maka kamu benar-benar memahami integritas dan mampu menghargai kepercayaan atasan pada diri kamu.
4. Menjaga Hubungan dengan Rekan Kerja
Pernah dengar istilah office politics? Di dunia kerja, office politics adalah kegiatan politik atau mempengaruhi orang lain untuk mencapai keuntungan tertentu. Jika dimanfaatkan dengan baik dan tanpa menyakiti orang, tidak masalah kamu melakukan office politics demi meningkatkan karir. Sayangnya, dalam praktiknya banyak orang melakukan office politics dengan sikap kerja attitude negatif. Ada yang bergosip, menjatuhkan rekan kerja di depan orang lain atau atasan, bahkan ada pula yang menyabotase pekerjaan. Daripada fokus melakukan attitude negatif seperti itu, lebih baik fokus menjaga hubungan dengan rekan kerja. Dengan demikian, rekan kerja akan memandangmu sebagai sosok yang positif dan dapat dipercaya, sehingga reputasimu di kantor juga akan meningkat.
5. Rendah Hati Tapi Tetap Assertive
Contoh attitude dalam dunia kerja satu ini masih berkaitan dengan poin sebelumnya. Sepintar atau seberhasil apapun dirimu di perusahaan, ingatlah untuk selalu rendah hati dan tidak menyombongkan diri di depan rekan kerja. Namun demikian, ini bukan berarti kamu harus terus bersembunyi dan menahan potensi diri untuk mendapat tanggung jawab lebih. Jika kamu ingin naik jenjang karir, kamu bisa meminta ke HRD atau atasan untuk diberi tantangan baru. Sikap assertive seperti ini akan membantu kamu lebih bersinar di perusahaan, tentunya tanpa dengan menjatuhkan orang lain.
B. Contoh Attitude Dunia Kerja yang Buruk
Sebaliknya, attitude negatif dapat dengan mudah menenggelamkan seseorang dalam pikiran dan drama mereka sendiri. Hal ini akan dengan mudah menular kepada rekan kerja terutama mereka yang sedang mengalami masa sulit, sehingga sebaiknya hal-hal negatif harus dijauhi. Beberapa contoh attitude dunia kerja yang buruk sebagai berikut:
1. Melebih-lebihkan kesalahan rekan kerja dalam tim
Ini adalah salah satu attitude buruk yang paling umum ditemukan dalam dunia kerja. Sangat wajar bagi seorang karyawan untuk melakukan kesalahan dalam bekerja. Namun, tidaklah penting untuk mencoba merusak karir orang lain dengan menyoroti kesalahan yang mereka perbuat. Membuat mereka memahami kesalahan mereka dan membantu mereka tidak mengulanginya lagi adalah hal yang perlu dilakukan, tetapi menyebarkan kisah tersebut ke seluruh kantor adalah hal yang salah.
2. Tidak pernah mau menerima kritik
Sangatlah wajar untuk seseorang mereka tidak nyaman saat menerima komentar negatif, baik itu dari rekan kerja atau pun atasan. Namun menerima umpan balik demi menjadi karyawan yang lebih baik adalah hal yang seharusnya dilakukan. Menentang atau melawan ketika mereka menerima kritik adalah hal attitude yang buruk. Terutama ketika menunjukkan sikap atau membalas komentar negatif yang diterima bukanlah cara yang baik untuk menunjukkan perlawanan.
3. Berbicara buruk tentang karyawan lain atau menyebarkan gosip
Cerita kehidupan pribadi seorang karyawan mungkin saja terdengar oleh karyawan lain terutama jika mereka berada dalam satu tim yang sama. Namun karyawan lain yang mendengar hal ini harus menghormati dan merahasiakan cerita tersebut, bukannya mengomentari atau malah menyebarkan gosip atau desas desus kepada tim lain. Menyebarkan rumor adalah sikap buruk yang dapat merusak citra karyawan penyebar rumor itu sendiri dan juga akan berdampak terhadap pekerjaannya sendiri dan juga kerjasama tim.
C. Alasan Pentingnya Memiliki Attitude Dunia Kerja
Ada beberapa alasan yang menjadikan pentingnya memiliki attitude dunia kerja, yaitu:
1. Membantu Merasa Diterima Di Lingkungan Baru
Dunia kerja yang luas membuat kita dapat berinteraksi dengan banyak orang. Sehingga sangat penting memiliki attitude dunia kerja. Sikap kerja attitude tidak hanya berlaku bagi satu tim saja, tetapi juga pihak lain yang berhubungan dengan kamu. Dengan memiliki attitude dunia kerja, maka kamu akan lebih mudah diterima di lingkungan baru. Meskipun dengan jenis dan tipe orang yang berbeda-beda, jika kamu memiliki sikap kerja attitude seperti ramah, tidak sombong saat dimintai bantuan, akan membuat kamu lebih mudah untuk berinteraksi dengan orang lain.
2. Membuat Pekerjaan Sulit Terasa Mudah
Tidak semua pekerjaan terasa mudah. Terkadang ada beberapa pekerjaan yang sulit dan membutuhkan bantuan orang lain. Nah, jika kamu memiliki attitude dunia kerja yang baik, maka rekan kerja kamu tidak akan segan untuk menolong. Tanpa disadari, sikap kerja attitude seperti rendah hati, bisa membuat kita mendapatkan pertolongan disaat sulit menyelesaikan pekerjaan. Tapi perlu diingat, kamu juga harus membantu rekan kerja lainnya, ya!
3. Membentuk Profesionalitas Diri
Ada kalanya saat bekerja kita dihadapkan dengan tantangan dan tugas yang bisa membuat kita merasa lelah atau burnout. Namun, dengan attitude dunia kerja seperti rasa tanggung jawab akan memaksa diri kita untuk terus berjuang bagaimanapun keadaannya. Sikap kerja attitude yang baik bisa membantu kamu untuk membentuk profesionalitas diri. Attitude dunia kerja seperti tidak gampang menyerah dan berusaha mencari solusi dari setiap masalah dengan baik, bisa membuat kamu bekerja secara profesional.
4. Menjadi Sosok yang Dapat Diandalkan
Dalam dunia kerja kita tidak hanya dituntut untuk memiliki kemampuan baru, namun juga menjaga attitude dunia kerja di lingkungan atau saat bekerja. Jika kamu memiliki sikap kerja attitude profesional, maka besar kemungkinan kamu bisa menjadi sosok yang dapat diandalkan. Skill yang kamu asah setiap harinya tidak akan berarti tanpa attitude dunia kerja profesionalitas, rendah hati, dan bertanggung jawab. Ketika kamu menjaga semua sikap kerja attitude tersebut, manajemen tentu akan melirik kamu sebagai sosok yang dapat diandalkan.
5. Membantu Pengembangan Karir
Satu lagi alasan pentingnya memiliki attitude dunia kerja, yaitu untuk membantu pengembangan karir kamu selama bekerja. Tentu kamu ingin karir yang cemerlang dan sesuai dengan passion kamu. Maka kamu harus memiliki sikap kerja attitude yang baik dan tidak sombong. Percaya deh, jika kamu bekerja dengan hati, memiliki attitude dunia kerja yang baik, hingga bersaing secara sehat, maka kamu bisa mendapatkan pengembangan karir yang kamu inginkan. Persaingan dunia kerja setiap harinya semakin sengit. Tidak sedikit HRD yang menjadikan attitude dunia kerja saat interview sebagai first impression. Jika kamu tidak menunjukkan sikap kerja attitude yang baik pada tahap awal ini, maka besar kemungkinan kamu tidak akan dilirik lagi oleh HRD.
Komentar
Posting Komentar